August 25, 2021 By lederniergang-lefilm.com 0

Fakta Ini Sebelum Kamu Mulai Mengonsumsi Suplemen!

Fakta Ini Sebelum Kamu Mulai Mengonsumsi Suplemen!

Sejak pandemi COVID-19, banyak orang yang lebih menyimak kesegaran tubuhnya. Tidak sedikit orang yang panik dan langsung membeli beraneka suplemen atau vitamin yang ada di pasaran. Tak tanggung-tanggung, lebih dari satu orang pun konsumsi suplemen tersebut bersama dosis tinggi tanpa saran berasal dari ahli gizi atau dokter.

Sebenarnya seberapa penting, sih, peran suplemen dalam pemenuhan nutrisi bagi tubuh kita? Apakah suplemen mampu menukar pola makan sehat bergizi seimbang? Sebelum kamu mulai konsumsi suplemen, baiknya baca dulu fakta-fakta tersebut ini.

1. Terdapat beraneka jenis suplemen khasiat suplemen
Dilansir Penn Medicine, terdapat beraneka kemasan suplemen, antara lain dalam bentuk pil, bubuk, atau cair. Apa pun jenisnya, tujuan berasal dari suplemen adalah sama, yakni melengkapi (suplementasi) pola makan supaya kamu sehat dan mendapat nutrisi yang cukup.

Suplemen kebanyakan mempunyai kandungan minimal satu jenis bahan, antara lain vitamin, mineral, bahan herbal, asam amino, atau enzim. Beberapa suplemen yang kondang terhitung mempunyai kandungan multivitamin, supaya orang tidak wajib konsumsi amat banyak suplemen dalam sehari. Beberapa perumpamaan suplemen yang kondang di pasaran antara lain sebagai berikut.

Kalsium
Vitamin D
Minyak ikan
Echinacea
Ginseng
Teh hijau
Bawang putih

2. Meskipun efektif bagi kesehatan, tidak ada suplemen yang mampu mengobati penyakit tertentu
Ada lebih dari satu alasan suatu suplemen jadi amat kondang di kalangan masyarakat. Salah satunya gara-gara suplemen tersebut efektif. Di segi lain, ahli terhitung menjelaskan bahwa suplemen mampu berguna bagi kesegaran andaikata selalu diimbangi bersama pola makan sehat bergizi seimbang.

Berikut adalah perumpamaan suplemen dan manfaatnya bagi tubuh: harga sop 100 subarashi

Vitamin B12: mendukung kesegaran sel saraf dan sel darah dan menahan anemia
Asam folat: dikonsumsi oleh ibu hamil dan mendukung menahan cacat bawaan lahir pada janin
Vitamin D: menguatkan tulang
Kalsium: menyehatkan tulang
Vitamin C dan E: menahan kerusakan sel tubuh
Minyak ikan: mendukung kesegaran jantung
Vitamin A: turunkan risiko penurunan penglihatan akibat usia tua
Zink: menyehatkan kulit dan turunkan risiko penurunan penglihatan akibat usia tua
Meskipun penelitian berkaitan kegunaan suplemen bagi tubuh udah dijalankan sejak lama, tetapi wajib diingat bahwa tidak ada satu suplemen pun yang mampu menahan atau mengobati suatu diagnosis penyakit tertentu.

3. Tidak seluruh suplemen safe dikonsumsi
Pada kebanyakan kasus, suplemen multivitamin tidak punyai pengaruh samping yang berbahaya. Namun, kamu wajib selalu berhati-hati.

Bagi kamu yang punyai riwayat penyakit tertentu, suplemen mampu jadi berinteraksi bersama obat yang kamu konsumsi secara rutin. Jika kamu punyai kondisi medis tertentu, seperti penyakit lever, kamu terhitung tidak boleh teledor konsumsi suplemen. Beberapa suplemen terhitung belum diujikan pada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Kamu terhitung wajib waspada dapat perihal tersebut.

Sebelum konsumsi suplemen, kamu wajib kritis. Konsultasikan bersama tenaga ahli profesional terutama dulu. Kondisi tubuh tiap individu amat beragam dan tidak seluruh suplemen safe dan efektif.